IMPORTANT THINGS ABOUT MARKETING

Haiiii, sobatku yang terkasih dan tersayang
Udah lama banget ga bikin blog lagi, ga deh boong hehe THIS IS THE FIRST TIME saya mencurahkan sedikit kreatifitas saya di website ini ANDDD IM SO EXCITED. Well, sebelum saya terlalu jauh mendeskripsikan kebahagiaan ini alangkah lebih baiknya kita berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing agar apa yang saya share ini bermanfaat bagi teman-teman semua...

Banyak orang yang belum paham apa arti sesungguhnya mengenai 'MARKETING'. Saya juga sama sih hehehehehe. Tapi disini saya akan membagikan sedikit pembelajaran mengenai marketing dari dosen terbaik kami Mr. Wientor Rah Mada (instagram nya bisa di follow ya guys, beliau kerjaannya liburan siapa tau bisa jadi referensi liburan kalian juga hehehhe- @wrahmada)
So, Here We Go.....

"Marketing itu apasih?"

"Apa pentingnya marketing untuk kita?"

"Kenapa kita perlu belajar dan memahami marketing?"

Marketing berasal dari kata Market + ing, simple nya arti dari market adalah penasaran atau pemasaran, loh kok penasaran? karena market itu sendiri adalah individu dan organisasi yang mempunyai keinginan, kebutuhan, dan harapan seseorang atau sebuah perusahaan dengan didukung oleh kemampuan mereka dalam bidang keuangannya. 


Apa kalian sadar, marketing itu sebenernya sering kita lakukan di setiap harinya loh, seperti jika kita sedang berbelanja bersama teman-teman kita, sering kali kita merasa bingung ingin membeli baju yang mana, betul? ya namanya juga cewe hehehe terkadang kita bingung memilih misal baju yang a kualitas bahannya jelek namun memiliki brand ternama, sedangkan yang b kualitas bahannya bagus namun memiliki brand  biasa atau lokal, kembali lagi apakah kita ingin membeli yang a dengan brand ternama harga mahal namun kualitas biasa saja atau b yang memiliki kualitas bagus dan harga murah namun brand lokal? apa itu bukan termasuk marketing sobat?😁😁 tapi ini memang benar adanya, bukan karna wanita susah untuk memilih tetapi kadang apa yang kita inginkan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan dan butuhkan. Sama hal nya dengan contoh tesebut, jika kita ingin membeli suatu barang kita akan pikirkan apakah barang tersebut sangat dibutuhkan sekali tidak ya? apa lebih baik memilih barang biasa saja namun mempunyai brand ternama (yang penting gaya)? atau mungkin justru memilih barang berkualitas walaupun brand lokal? semua uang yang mengatur....

Itu contoh di kehidupan sehari-hari ya guys, 
nah, bagaimana jika marketing itu juga justru sangat perlu sekali dalam dunia bisnis? 
Marketing merupakan salah satu hal terpenting dalam suatu bisnis, marketing merupakan upaya untuk mempromosikan, menginformasikan, dan menawarkan kepada konsumen berupa produk atau jasa yang dikelola oleh sebuah perusahaan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan penjualan dari bisnis perusahaan tesebut, tanpa adanya marketing maka orang-orang atau kita tidak akan tahu terhadap produk atau jasa yang dijual oleh suatu layanan bisnis tersebut.
Peluang bisnis di masa kini bisa dibilang sangat banyak dan beragam, kebanyakan orang memulai peluang karir nya justru dari usaha bisnis ntah itu dalam bentuk produk ataupun jasa. Inilah yang membuat sebuah bisnis terkadang mudah atau cepat 'gulung tikar' karna strategi marketing nya kurang atau malah persaingan dengan kompetitor lain yang sangat kuat. Ngomong-ngomong soal kompetitor, ada yang tau kompetitor itu apa??? "tidak kakkkkk" -(ngomong sendiri hahaha)

Kompetitor dalam KBBI ialah kompetitor/kom·pe·ti·tor/ n orang yang bersaing: para -- saling berlomba untuk memojokkan perusahaan lawan. Namun bila di artikan sesungguhnya kompetitor adalah seseorang atau sekelompok orang yang memiliki bisnis atau peluang usaha yang sama serta target pasar yang sama. Sehingga dalam hal ini seseorang atau sekelompok orang yang berbisnis sangat perlu memahami target pasar yang dicapai sehingga keuntungan pun dapat diraih.
Walaupun kompetitor itu sendiri sebenernya dapat memberikan dampak negatif bagi usaha sesamanya, kompetitor pun ternyata memiliki dampak positif bagi suatu bisnis usaha dan justru diperlukan dalam suatu bisnih, mengapa demikian? hal ini justru dapat membuat pembisnis berusaha keras dalam memperbaiki produk atau jasa yang dimiliki, ini juga dapat membuat pesaing termotivasi untuk menjual produk atau jasa nya lebih baik lagi agar sesuai dengan tujuan para pembisnis. 

"jika seorang pesaing menjual produk yang sama, apa hal itu dapat mendeskripsikan sebagai seorang atau sekelompok kompetitor???"
Jawabannya tentu tidak, mari kita cermati jika seorang pembisnis dengan pembisnis lain menjual produk atau jasa yang sama namun cakupan atau target yang mereka tuju berbeda, sudah jelas mereka tidak bisa dikatakan 'berkompetisi' atau bersaing, sehingga hal ini tidak bisa disamakan dengan seseorang atau sekolompok pembisnis yang memiliki produk atau jasa serta target pasar yang sama.

Jika kalian sudah mulai mantap dengan istilah 'MARKETING' ini, mari simak cara agar suatu usaha dapat berjalan sesuai apa yang di harapkan maka kita membutuhkan elemen - elemen dalam suatu target pasar melalui istilah MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN). Lalu apa yang di maksud dengan Marketing Mix atau bauran pemasaran? 


Pengertian Marketing Mix atau bauran pemasaran secara umum adalah strategi pemasaran yang  marketing yang menggabungkan beberapa elemen di dalam marketing mix itu sendiri yang dilakukan secara testruktur agar proses pemasaran berjalan sesuai yang di harapkan para pembisnis. Semua hal atau yang dilakukan perusahaan untuk sampai ke market dapat dikatakan marketing mix. 
Untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan seorang pembisnis, perlu adanya kecakapan dalam mengupayakan strategi terbaik dalam proses pengelolaan bisnis tersebut. Dengan mengupayakan strategi marketing yang matang, maka akan sangat mempengaruhi hasil akhir dari suatu usaha seorang atau sekelompok pembisnis. Simple nya jika kalian berusaha menawarkan produk atau jasa yang kalian tawarkan namun kalian tidak bisa atau tidak paham untuk memasarkannya maka hal itu akan sia-sia, bukan?😊
Marketing Mix itu sendiri pun di bagi menjadi 4P, seperti: 
  1. Product, adalah hal yang kita jual dalam bisnis meliputi barang atau jasa yang memiliki nilai guna dan dibutuhkan oleh konsumen.
  2. Price, adalah merupakan uang yang harus diberikan konsumen untuk mendapatkan barang atau jasa yang dijual.
  3. Place, adalah merupakan tempat atau lokasi dimana kita akan melakukan proses jual beli.
  4. Promotion, adalah kegiatan bisnis yang mempunyai tujuan agar konsumen bisa lebih mengenal dan tertarik dengan produk bisnis kita.
Terakhir, kita akan bahas mengenai Karakteristik Produk Jasa, dibagi menjadi beberapa contoh namun saya akan share 4 karakteristik produk jasa, seperti:
  1. Intangibility, produk jasa yang tidak berbentuk namun bisa dirasakan. Seperti hal nya jika di restoran, kita tidak bisa merasakan experience jika waiter/waitress melayani kita sebelum kita duduk dan memesan food atau beverages di restoran tersebut. 
  2. Inseparability, produk atau jasa yang di produksi dan dikonsumsi secara bersamaan. Seperti jika kita makan di suatu restoran kita akan menerima pelayanan terbaik dari waiter/waitress dan saat itu juga akan merasakan pelayanan dari yang mereka berikan.
  3. Perishability, produk jasa yang tidak bisa disimpan atau tidak tahan lama. Seperti jika suatu hotel memiliki jumlah kamar sebanyak 100 kamar dan pada saat itu occupancy dari hotel tersebut sedang kecil maka penjualan jumlah kamar  keesokan harinya tetaplah 100 kamar, mengapa begitu? karena kamar tidak dapat disimpan dan hotel tetap menjual kamar 100 kamar perharinya tanpa mempengaruhi apakan occupancy pada saat itu sedang naik ataupun turun.
  4. Variability, produk jasa yang diberikan bergantung pada customer itu sendiri. Seperti repeater guest di sebuah hotel dengan sifat, kemauan, dan karakteristik yang berbeda-beda sehingga pelayanan yang diberikannya pun kepada tiap tamu di hotel tersebut akan berbeda pula, hal ini dapat memberikan dampak baik yang maksimal karna tamu merasa di nomor satukan, itulah mengapa variability bergantung pada bentuk, customer, jenis, kualitas, dan lain-lain. 
CONCLUSION!!!!
Setelah saya share sedikit mengenai marketing, dapat disimpulkan bahwa marketing itu sangatlah penting dan bermanfaat. Hal ini bukan hanya menjurus pada suatu bisnis maupun usaha tapi juga penting bagi kehidupan kita sehari-hari😊
Jadi, bagaimana teman-teman tertarik kah menerapkan marketing yang baik sebagai peluang usaha bisnis kalian ataupun daily activities???
Semoga apa yang saya share kali ini dapat dengan mudah dimengerti oleh teman-teman ya...

Terimakasih...

Komentar