PLACE AND PROMOTION, SERTA PENJELASAN UMUM SALES AND MARKETING
Hai sobat-sobat yang ku kasihi dan ku sayangiiiiii😍😍😍
kembali lagi di blog ku yang sebenernya tidak begitu menarik sih
Tapiiii, eh tapi ada tapinya nih haha semoga apa yang selalu aku share dapat berguna yaaa
gimana kabar kalian? udah pasti baik dan semakin baik kan
oiya, ga lupa untuk ngucapin Merry Christmas and Happy New Year for you guys, may God blessed you always💕
oiya guys, masih ingat kan dengan postingan ku yang sebelumnya tentang "Important Things About Marketing" nah pembahasanku kali ini masih lanjutan dari situ kok kawan, tapi kali ini aku bakal bahas lebih detail mengenai jenis-jenis marketing mix itu ada apa aja sih, pasti penasaran kan?
YUK SIMAK YUKKK.....
Seperti yang kita tahu sebelumya Marketing itu sendiri berasal dari kata Market + ing, simple nya arti
dari market adalah penasaran atau pemasaran, loh kok penasaran? karena market
itu sendiri adalah individu dan organisasi yang mempunyai keinginan, kebutuhan,
dan harapan seseorang atau sebuah perusahaan dengan didukung oleh kemampuan
mereka dalam bidang keuangannya.
Nah, lalu setelah tau marketing itu apa? lalu apa yang dimaksud Marketing Mix atau Bauran Pemasaran ???
Nah buat yang udah baca blog aku sebelumnya pasti tau juga dong Marketing Mix itu apa? Jadi... secara umum marketing mix adalah strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen
di dalam marketing mix itu sendiri yang dilakukan secara testruktur agar proses
pemasaran berjalan sesuai yang di harapkan para pembisnis. Semua hal atau yang
dilakukan perusahaan untuk sampai ke market dapat dikatakan marketing mix.
Nah udah paham kan pengertian Marketing Mix itu apa? dan kali ini aku bakal bahas mengenai 2 dari 4 jenis bauran pemasaran itu kawan yaitu, Place dan Promotion
Yang pertama adalah PLACE
Place? place apaansi kak?
Semacam tempatkah? atau apa?
Place itu sendiri bukan hanya diartikan sebagai tempat dimana usaha dijalankan namun lebih luas lagi dimana "place" tersebut merupakan kegiatan penyaluran produk berupa barang atau jasa dari produsen ke konsumen (distribusi).
Menurut Boom dan Bitner (dalam Dias & Shah, 2003:318), mereka menyebutkan bahwa lokasi pemasaran, terdapat beberapa pemain yang terlibat di dalamnya, yaitu Marketing Intermediary, Channel of Distribution, agen atau Broker, Wholesaler dan Retailer, serta logistik dan transportasi.
Jika mengacu pada pendapat di atas, fungsi distribusi disini tak lain adalah untuk memastikan ketersediaan barang dan jasa yang dibutuhkan konsumen pada waktu dan tempat yang tepat.
Nah, gimana kawan pengertian mengenai PLACE itu sendiri? sudah sedikit paham kan? yang penting paham sedikit kan daripada tidak sama sekali? hahahaha
Oiya, hampir lupa nih dalam "place" ini, ada dua jenis strategi seorang distributor dalam melakukan distribusi nya yaitu metode Push Strategy dan Pull Strategy, gambarannya seperti ini:
Push Strategy merupakan strategi promosi yang menggunakan tenaga penjual dan promosi perdagangan untuk "mendorong" produk lewat saluran distribusi. Produsen mempromosikan produk kepada pedagang besar, lalu kepada pengecer, dan pengecer mempromosikan kepada konsumen. Meliputi kegiatan pemasaran (terutama sales force dan promosi penjualan) yang diarahkan pada saluran perantara (intermediari) untuk membujuk mereka agar mau memesan dan membawa produk untuk dipromosikan kepada end users.
Example: Penggunaan jejaring sosal untuk menciptakan efek "getok tular" atau istilah halusnya yaitu "dari mulut ke mulut", peletakan strategis sebuah produk atau toko, dan konten-konten dalam bentuk blog atau artikel dalam sebuah situs dengan topik spesifik yang ditujukan menarik menarik perhatian para konsumen yang menggunakan perantara situs-situs penelusur.
Pull Strategy merupakan strategi promosi yang menggunakan banyak biaya untuk periklanan dan promosi konsumen demi memupuk permintaan konsumen. Apabila strategi tarik berhasil, konsumen akan mencari produk dari pengecer, pengecer akan mencari dari pedagang besar, dan pedagang besar akan mencari dari produsen. Meliputi kegiatan pemasaran (terutama iklan dan promosi untuk konsumen) yang diarahkan pada end users untuk membujuk mereka agar meminta produk tersebut pada perantara sehingga perantara kemudian memesan produk tersebut ke perusahaan.
Example: Sebuah restoran yang baru buka dibuka di suatu wilayah, beriklan melalui penyedia jasa telekomikasi dengan basis wilayah tempat restoran tersebut berada. Restoran tersebut juga bisa beriklan melalui TV lokal atau radio lokal dan di saat waktu yang bersamaan, situs restoran berusaha mendorong para konsumen lebih dalam terhadap produk-produk yang ditawarkan.
Nah, bagaimana kawan?
semakin seru kan belajar Marketing Mix itu?
selanjutnya aku akan menjelaskan tentang PROMOTION.....
menurut kalian, apasih promotion itu???
Promosiin barang bukan si?
atau....
Promosiin olshop? hahahhaha
Pengertian dari promosi itu sendiri adalah suatu usaha dan pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk, barang, atau jasa yang dipasarkannya. Sedangkan, Bauran Promosi/ Promotion Mix adalah merupakan gabungan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Berikut adalah 5 jenis PROMOTION MIX yang bakal aku jelaskan besarta contohnya:
1. ADVERTISING
Menurut Wells, Burnett dan Moriarty (2003) Iklan adalah suatu bentuk komunikasi non-personal dengan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam menggunakan media massa untuk membujuk dan mempengaruhi audiens. Jika mengacu pada pendapat tersebut, periklanan bisa dimaknai sebagai meedia komunikasi massa yang dibuat untuk tujuan mempengaruhi target pasarnya.
2. SALES PROMOTION
Menurut Kotler (2003), promosi penjualan (Sales Promotion) adalah berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa. Sedangkan menurut (Lubis, 2004) Promosi penjualan adalah suatu kegiatan perusahaan untuk menjajakan produk yang dipasarkan sedemikian rupa sehingga konsumen akan mudah untuk melihatnya dan bahkan dengan cara penempatan dan pengaturan.
3. PUBLIC RELATIONS
Menurut Kotler (2003) Public Relations merupakan berbagai program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individualnya. PR memiliki peranan penting untuk membangun citra yang baik dimata masyarakat mengenai produk, perusahaan maupun organisasi.
4. PERSONAL SELLING
Menurut Norman A Hart dan John Stapleton, dalam kutipan Komarudin Sastradipoetra (2003;194) Personal Selling adalah proses penyajian komersial secara lisan selama pembeli atau penjual dalam situasi wawancara. Terdapat banyak sekali deifinisi tentang personal selling namun pada intinya hampir sama yakni kegiatan promosi yang dilakukan dengan cara berinteraksi secara langsung dengan calon pembeli.
5. DIRECT MARKETING
Menurut Kotler & Gary Amstrong (1996;53) Direct Marketing adalah pemasaran yang menggunakan berbagai media untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, biasanya menelepon konsumen untuk mendapat respons langsung. Direct Marketing bisa jadi salah satu sistem interaktif yang dapat dikembangkan perusahaan untuk mendapatkan tanggapan langsung dan pelanggan yang ditargetkan.
Contoh Bauran Promosi di Industri Perhotelan
ADVERTISING
Baliho atau spanduk besar yang dipasang di jalan raya terdekat dengan hotel, agar dapat menarik tamu atau konsumen yang membutuhkan akomodasi menginap seperti spanduk besar Hotel Tentrem Yogyakarta yang dipasang sekitar 4KM dari lokasi hotel.
SALES PROMOTION
Memberitahukan atau memberikan promosi produk terbaru dari hotel melalui keramaian seperti mall, contohnya seperti promo wedding, kamar, meeting, ataupun event lainnya dihotel tersebut.
PUBLIC RELATIONS
Siaran pers, yaitu informasi yang mengandung nilai berita dan disampaikan oleh publik melalui media massa. Contoh lainnya seperti, iklan layanan masyarakat seperti customer service yang terdapat beberapa provider sim card.
PERSONAL SELLING
Produk kecantikan terbaru seperti Himalaya yang sedang mempromosikan produk terbarunya dengan cara "Goes to Campus", Himalaya melakukan personal selling dengan target pasar yang tepat yaitu wanita, sehingga ini dapat memudahkan konsumen mudah tergiur dengan produk yang di promosikan tersebut.
DIRECT MARKETING
Terjalinnya kerjasama antara produk air minum kemasa VITA dengan Hotel Tentrem Yogyakarta, karena seperti yang kita tahu hotel tersebut menyediakan air minum kemasan berlogo Hotel Tentrem namun kerjasama dengan VITA tersebut.
NAH, ITU TADI PENJELASAN SINGKAT MENGENAI PLACE DAN PROMOTION PADA MARKETING MIX!!!!
Bagaimana kawan? semakin menarik bukan?
Jika kalian sangat tertarik, yuk simak juga penjelasan SALES AND MARKETING dibawah ini, berikut ini adalah hasil dari guest lecture yang sudah disampaikan oleh Bpk. Tsani Ahmad Muzzaki selaku Sales Manager Shangri-La Jakarta beberapa waktu lalu...
Kegiatan penjualan produk ialah tanggung jawab seorang yang berada pada profesi sales marketing di sebuah perusahaan maupun hotel sekalipun. Hal yang wajib ada bagi seorang sales marketing ialah kemampuan berbahasa santun dan berpelilaku sopan. Sebab, mereka yang berinteraksi aktif secara langsung dengan pelanggan. Penguasaan ini dapat diperoleh dari pelatihan dan jam terbang di lapangan. Adapun keahlian yang harus dimiliki oleh Salesman yaitu kepercayaan diri yang tinggi ketika berhadapan dengan orang lain, baik itu di telepon, face-to-face, ataupun melalui email.
Sebagai seorang Salesman di suatu hotel, kita merupakan wajah dari hotel tersebut. Oleh sebab itu, selain berpenampilan menarik, Salesman juga harus memiliki kemampuan pengetahuan luas mengenai hotel atau produk hotel yang di promosikan.
Berikut adalah beberapa yang harus diperhatikan khususnya bagi seseorang yang baru pertama kali menjadi seorang Salesman:
- Menjaga hubungan baik dengan lingkungan sekitar
- Jangan terlalu mementingkan gaji yang tinggi
- Pelajari secara keseluruhan mengenai hotel tersebut
- Memahami dengan cepat properti yang ada di hotel
- Mengetahui season
- Mengetahui occupancy hotel
- Bisa educate konsumen
- Memahami dan handal dalam up-selling guest
- Berkomunikasi dengan staff-staff lama agar menambah wawasan mengenai pekerjaan yang kita hadapi di hotel tersebut
- Mencari mentor pribadi di hotel agar dapat melatih kita untuk selalu belajar, juga sebagai kawan keluh kesah mengenai pekerjaan.
Demikian, penjelasan singkat mengenai PLACE AND PROMOTION, SERTA PENJELASAN UMUM SALES AND MARKETING, sungguh menarik bukan?
semoga apa yang telah aku sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya😁😁
mohon maaf bila ada salah kata, byeeee💚











Komentar
Posting Komentar