ENVIRONMENTAL SCANNING, SWOT and PEST ANALYSIS
HAIIIII HALLO HALLO HAI.....
KEMBALI LAGI DENGAN SAYA YANG AKAN MENGUPAS TUNTAS SEPUTAR, sepuar apa yaaa? haahhaahha tentunya seputar MANAJEMEN STRATEJIK dongggg
Kali ini aku akan share tahapan penting dari proses Managemen Strategic menurut Wheelen dan Hunger, proses nya pun memiliki 4 tahap loh, seperti:
- Environmental Scanning
- Strategy Formulation
- Strategy Implementation
- Evaluation and Control
Tidak hanya itu, Wheelen dan Hunger juga menjelaskan bagaimana bentuk dari model Manajemen Strategis tapi disini aku hanya akan menjelaskan satu saja ya hehehe ini merupakan model tahapan pertama yang paling penting yaitu Environmental Scanning (Pemindaian Lingkungan). Environmental Scanning atau pemindaian lingkungan merupakan elemen yang memonitor, mengevaluasi, dan mencari informasi dari lingkungan eksternal maupun internal. Tujuan dari elemen pertama ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor strategis elemen eksternal dan internal yang akan menentukan masa depan suatu perusahaan. Penyusunan ini khususnya perencanaan jangka panjang biasanya berkaitan dengan visi, mis, dan kebijaksanaan suatu instansi. Biasanya penyusunan strategi dimulai dengan melakukan analisa situasi untuk mendapatkan kesesuaian antara peluang eksternal dan kekuatan internal dengan ancaman eksternal dan kelemahan internal.
Untuk menunjukkan bagaimana elemen daripada Environmental Scanning berguna bagi perusahaan, kita dapat menganalisis sebuah perusahaan atau organisasi itu sendiri dengan beberapa analisis, SWOT Analysis dan PEST Analysis.
- SWOT Analysis
Analisis SWOT adalah cara sistematik untuk indentifikasi faktor elemen ini. Analisa ini berdasarkan pada asumsi bahwa suatu strategi yang efektif itu akan memaksimalkan kekuatan dan peluang, dan tentunya meminimalkan kelemahan dan ancaman. Analisa ini bukan hanya untuk identifikasi kompetensi (kemampuan dan sumber daya) yang dimiliki suatu organisasi atau perusahaan, tapi juga identifikasi peluang yang belum dilakukan oleh perusahaan karna keterbatasan sumber daya yang dimiliki, bila diterapkan dengan akurat ini dapat memiliki dampak yang besar bagi rancangan suatu strategi yang handal. Berikut penjelasan yang lebih rinci dari masing-masing faktor tersebut:
- Strengths : Kekuatan adalah komparatif bagi perusahaan. Kekuatan juga merupakan sumber daya, keterampilan juga keunggulan, relatif terhadap pesaing dan kebutuhan pasar yang dilayani atau ingin dilayani oleh perusahaan.
- Weaknesses : Kelemahan, keterbatasan, atau kekurangan dalam sumber daya, yang secara serius menghambat kinerja dari perusahaan maupun organisasi.
- Opportunities : Peluang, merupakan situasi yang sangat penting dan menguntungkan dalam lingkungan perusahaan. Kecenderungan terhadap sesuatu hal juga merupakan salah satu yang bisa dibilang sumber peluang.
- Threats : Ancaman, yang pasti merupakan pengganggu utama bagi posisi sekarang maupun yang diharapkan perusahaan.
- PEST Analysis
- Political : Faktor ini meliputi hukum yang berlaku, kebijakan pemerintah, juga aturan formal maupun informal di lingkungan perusahaan (seperti: kebijakan pajak dan peraturan daerah).
- Economic : Faktor yang ini meliputi semua faktor yang mempengaruhi daya beli dari customer juga mempengaruhi iklim berbisnis suatu perusahaan (seperti: standar nilai tukar, suku bunga, dan pertumbuhan ekonomi)
- Social : Faktor ini meliputi semua faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan dari pelanggan juga ukuran dari besarnya pangsa pasar yang ada (seperti: tingkat pendidikan masyarakat, pertumbuhan penduduk, kondisi lingkungan sosial maupun lingkungan kerja)
- Technological : Faktor yang meliputi semua hal yang dapat membantu dalam menghadapi tantangan bisnis dan mendukung efisiensi proses bisnis suatu perusahaan (seperti: ppenemuan dan pengembangan baru, biaya dan penggunaan listrik)
Nah, jadi begitulah sedikit penjelasanku tentang salah satu proses Manajemen Stratejik, sampai akhirnya memerlukan 2 analisis yang berbeda tetapi tetap berkesinambungan dalam suatu perusahaan. Sekian, terimakasihhhh😀😀


Komentar
Posting Komentar