PENTINGNYA VISI, MISI, DAN TUJUAN BAGI PERUSAHAAN

A. SETIAP ORANG DALAM PERUSAHAAN HARUS MEMAHAMI VISI DAN MISI
Sebenarnya, disadari ataupun tidak, hampir setiap perusahaan memiliki arah dan tujuan yang ingin dicapai. Untuk mencapai tujuan dari perusahaan, manajemen perusahaan bergabung untuk memisahkan masing-masing departemen di dalamnya dan mengelompokkan job description untuk sepenuhnya mendukung pencapaian visi dan misi perusahaan itu sendiri. Selain itu suatu perusahaan yang pastinya memiliki karyawan baik itu atasan ataupun bawahan, sangat penting bagi perusahaan bahwa setiap kalangan didalamnya mengerti dan memahami visi dan misi perusahan, berikut adalah arti penting bagi perusahaan terhadap pemahaman visi dan misi daripada tiap-tiap karyawan, yaitu : 
  1. Memberikan standar kerja yang optimal
  2. Membuat karyawan merasa pekerjaannya lebih bermakna
  3. Meningkatkan semangat kerja dan komitmen
  4. Membangun percaya diri bagi tiap karyawan bahwa mereka mampu menggapai visi dan misi daripada perusahaan

B. CARA AGAR VISI DAN MISI DAPAT TERLAKSANAKAN DENGAN BAIK
Pada dasarnya ada banyak cara agar karyawan baik itu atasan maupun bawahan sekalipun dapat melaksanakan visi dan misi serta tujuan daripada perusahaan dengan baik, berikut ini beberapa penjelasannya, yaitu :
  1. Membantu karyawan menemukan tujuan pekerjaanya, seringkali karyawan mengerjakan tugas hanya sekedar untuk mendapatkan gaji. Maka tugas daripada seorang pemimpin harus memberikan dorongan agar karyawannya menemukan arti/tujuan dari pekerjaannya. Berikan penjelasan yang rinci terkait visi dan misi perusahaan agar karyawan memahami apa yang menjadi tujuan besar dari perusahaan, dengan begitu karyawan bukan hanya mengejar tujuan pribadi namun juga mengejar tujuan perusahaan.
  2. Mendukung performa karyawan, karyawan tidak dapat melibatkan dirinya jika terdapat penghalang dalam melakukan tugasnya. Maka dari itu untuk mendukung kinerja karyawan, perusahaan harus menyediakan sumber daya yang memadai agar karyawan dapat menyelasaikan tugasnya dengan efektif serta berikan arahan dalam meraih tujuan.
  3. Menjelaskan apa yang diharapkan perusahaan pada karyawan, tanpa mengetahui apa yang diharapkan perusahaan pada karyawannya akan membuat karyawan merasa tidak memiliki keterlibatan penuh dalam organisasi. Menyampaikan apa yang menjadi harapan perusahaan pada karyawannya dapat disampaikan melalui periodic meeting dengan sertakan membahas goal masing-masing yang ingin dicapai perusahaan, juga membahas progress dan achievement mereka. Melalui ini, karyawan akan memahami perannya dalam perusahaan, apa yang harus dikerjakan, dan apa yang diharapkan perusahaan dari dirinya. Dengan demikian karyawan merasa memiliki keterlibatan penuh dalam terlaksananya visi dan misi perusahaan.


SUMBER :


Komentar